KASTURI

Add caption
 
             Mangifera casturi atau yang lebih dikenal dengan nama kasturi adalah buah mangga yang spesifik dari bumi kalimantan selatan, harumnya yang sangat menggoda membuat setiap orang jadi selalu ingin menyantap buah yang satu ini.
     Terdapat tiga varietas Mangifera casturi. Varietas mangga ini dikenal masyarakat Kalimantan Selatan dengan sebutan kasturi, cuban / kastuba dan asem pelipisan / palipisan.
     Mangga kasturi adalah tumbuhan endemik khas Kalimantan Selatan yang keberadaannya terancam punah. Populasi taksonnya cenderung berkurang, baik dalam segi jumlah individu, populasi maupun keanekaragaman genetisnya. Status kelangkaan buah ini dianalisis dengan menggunakan kategori dan kriteria tumbuhan langka menurut IUCN Red List Categories 30 November 1994.Ini lebih disebabkan karena kasturi berbuah cukup lama dan para pemilik pohon kasturi lebih tertarik untuk menebang pohon kasturi yang bisa mencapai tinggi 25 m dengan diameter batang ± 40 – 115 cm ini dengan varietas lain, yaitu pohon karet ataupun kelapa sawit yang dianggap memiliki nilai yang lebih ekonomis.
      Buah yang termasuk kedalam filum Tracheophyta ini memiliki ukuran yang kecil dengan panjang 5 – 6 cm, lebar 4 – 5 cm dan berat ± 65,6 gram.
      Lokasi penyebaran populasi kasturi di Desa Mataraman Kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar terdapat di kebun campuran. Pada umumnya kebun campuran ini berisi tanaman padi diselingi pohon kasturi yang umurnya sudah lebih dari 50 tahun serta tidak sengaja ditanam oleh penduduk setempat. Kebun ini kebanyakan berada di pekarangan rumah dengan pola tanam tidak teratur. Akan tetapi, data kelimpahan spesies ini tidak diketahui secara pasti.
          Kasturi mulai dipanen pada awal musim hujan dan melimpah pada bulan Januari. Walau sekarang buah kasturi berbuah tidak menentu karena panjangnya musim kemarau dan dampak dari pemanasan global.
       Karena umur pohon kasturi banyak yang lebih dari 50 tahun, maka produktivitasnya semakin menurun. Oleh karena itu, pada tahun 1980 masyarakat Desa Mataraman mencoba belajar membuat pembibitan buah kasturi.
         Semoga saja pohon kasturi dapat bertahan dengan masalah-masalah seperti pembukaan lahan, karna sungguh disayangkan bila buah khas asli kalimantan selatan ini harus punah.

Post a Comment

0 Comments